Profil Kampus

 

PROFIL UNIVERSITAS JANABADRA

TUJUAN:

  • Berkembangnya potensi mahasiswa agar menjadi manusia yang berwawasan kebangsaan dan   berbudaya untuk kepentingan bangsa
  • Dihasilkannya lulusan yang menguasai ilmu pengetauan, teknologi dan seni untuk kemajuan bangsa dan negara
  • Tumbuhnya jiwa enterpreneurship, technopreneurship dan sociopreneurship di kalangan sivitas akademika
  • Dihasilkannya ilmu pengetahuan dan teknologi melalui penelitian yang humanis agar bermanfaat bagi kesejahteraan umat manusia
  • Terselenggaranya pengabdian kepada masyarakat yang berbasis pada karya penelitian.

VISI

  • Menjadi Universitas Kebangsaan yang berkualitas dan kompetitif.
     

MISI

  • Menghasilkan lulusan yang berwawasan kebangsaan dan menguasiai ilmu pengetahuan dan teknologi, sehingga menjadi insan yang mandiri, dapat menjadi teladan dalam kerukunan antar umat dan persatuan bangsa serta bersungguh sunggun dalam mengabdikan diri kepada bangsa dan negara.
  • Memelihara, mengembangkan, menerapkan dan menyebarluaskan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni serta berperan aktif dalam pengembangan nilai kebangsaan.
  • Mengabdikan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni untuk melestarikan dan memajukan nilai-nilai serta norma-norma yang hidup di masyarakat dengan semangat kebangsaan.

SEJARAH UNIVERSITAS JANABADRA

Universitas Janabadra merupakan lembaga perjuangan pendidikan dan diselenggarakan oleh Yayasan Perguruan  Tinggi Janabadra yang berkedudukan di Yogyakarta, dengan berasas Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945 berwawasan kebangsaan, memiliki jati diri nasionalisme dan patriotisme, mengarahkan para peserta didiknya menjadi insan intelektual yang bermoral tinggi dan memiliki jiwa percaya diri serta sanggup menolong dirinya sendiri maupun terjun dalam pembangunan bangsa dan negara.
Pada mulanya bernama Perguruan Tinggi Janabadra, kemudian dengan berlakunya Undang - Undang Nomor 22 Tahun 1961 tentang  " Perguruan Tinggi" namanya diubah dan disesuaikan menjadi Universitas Janabadra.
Nama Janabadra berasal dari nama seorang pujangga asli Jawa yang hidup di abad VII bernama D’NANABADRA yang selanjutnya menurut lidah Indonesia untuk mempermudah ucapannya menjadi Janabadra sampaii sekarang.

Periode 1958-1968
Pada tanggal 7 Oktober 1958 para pejabat Daerah Istimewa Yogyakarta maupun cendekiawan pejuang kemerdekaan sebanyak 22 orang (yang kemudian dinamakan pendiri Janabadra) mengadakan rapat dan mengambil keputusan yang penting antara lain:

  1. Dibentuk sebuah Yayasan Perguruan Tinggi yang atas usul Bapak Soetedjo Brodjonegoro dinamakan Janabadra.
  2. Mendirikan Perguruan Tinggi Janabadra
  3. Perguruan Tinggi Sawerigading melebur ke Perguruan Tinggi Janabadra.
  4. Azas Yayasan Perguruan Tinggi Janabadra adalah Pancasila.